Segmentasi pasar
adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu
secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar.
Peranan segmentasi dalam pemasaran :
1. Memungkinkan kita untuk lebih fokus
masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2. Mendapatkan input mengenai peta
kompetisi dan posisi kita di pasar.
3. Merupakan basis bagi kita untuk
mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4. Faktor kunci mengalahkan pesaing
dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
Segmentasi pasar dapat memenuhi
kebutuhan pelanggan lebih baik. Pada kenyataannya, kebutuhan pelanggan dapat
dipenuhi oleh produk yang sama. Tetapi karena selalu harus fokus pada manfaat
daripada fitur ketika mempromosikan produk. Kedua kelompok harus diperlakukan
sebagai segmen pasar yang berbeda.
Segmentasi pasar sebagai landasan untuk
menentukan strategi marketing harus memiliki kriteria sebagai berikut:
1. Mudah Diakses
2. Terukur
3. Substansial
4. Layak Dasar Umum
Segmentasi Pasar Ada empat dasar umum
untuk segmentasi pasar:
1. Geografis: oleh negara, atau
wilayah.
2. Demografi: pada usia, jenis kelamin,
pekerjaan, dan sebagainya.
3. Psikografis : dengan gaya hidup,
nilai, kepentingan, dan sebagainya.
4. Perilaku: Apa yang Anda menggunakan
produk untuk, loyalitas merek, manfaat yang Anda cari dari produk, dan
sebagainya.
Analisa demografi sendiri segmen pasar
berdasarkan karakteristik atau ciri individu dari konsumennya, misalnya produk
yang dipasarkan untuk jenis kelamin tertentu, tingkat pendidikan tertentu, atau
berdasarkan ciri individu lainnya. Segmentasi ini memberikan gambaran bagi
pemasar kepada siapa produk ini harus ditawarkan.
Sumber:
Wikipedia http://kampus.marketing.co.id/2011/07/18/segmentasi-demografis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar